Eksklusif

*_* selamat datang kembali di blogkita *_* nikmati berbagai artikel menarik dan inspiratif *_* terima kasih telah berkunjung *_* salam sukses selalu *_*

Minggu, 09 Februari 2014

Tips Memilih Mother board

Bermasalah dengan Mother board anda? Ingin mememiliki Mother board baru agar performa pc lebih yahud? Namun sebelum menjatuhkan pilihan alangkah baiknya apabila disimak dahulu info di bawah ini yang adalah merupakan tips dalam memilih Mother board yang baik :
  • Carilah Mother board yang Berharga Terjangkau dan Sesuai dengan Tujuan Penggunaan PC
    Sesuai dengan harganya Mother board dibagi menjadi 3 segmen, yaitu : Value (terjangkau), Mainstream (menengah) dan High End (kelas atas). Tentukan dulu tujuan penggunaan PC, apabila hanya digunakan untuk keperluan standar administrasi sebaiknya gunakan tipe Value, jika untuk pemakaian home-entertainment bisa menggunakan mainstream dan seterusnya.
  • Tentukan Form-design (ukuran) Chassis yang ingin digunakan
    Mother board memiliki dua ukuran yang disebut ATX dan Micro-ATX. Ini mengacu pada chassis (casing CPU) yang digunakan. ATX berukuran standar (Tower PC), sedangkan Micro-ATX berukuran lebih kecil (Mini Tower PC). Umumnya Mother board Value menggunakan form-design Micro-ATX.
  • Pilihlah Chipset yang Tepat
    Chipset merupakan “jantung” dari Mother board. Pilihlah chipset dengan teknologi paling akhir, agar dapat menggunakan devices & periferal terbaru. Contohnya : mendukung Processor Intel LGA775, RAM DDR/DDR2/DDR3, Hard Disk Serial ATA/, dsb. Produsen chipset yang umum di Indonesia antara lain : Intel, Via dan SiS.
  • Fasilitas Fitur Terintegrasi (on-board)
    Fasilitas terintegrasi adalah fitur tambahan yang telah disertakan pada Mother board tersebut, sehingga kita tidak perlu membeli periferal tambahan. Contoh fitur terintegrasi (on-board) antara lain: Grafics Integrated (VGA Card), Audio System, LAN, USB, dsb. Dengan adanya fasilitas ini, maka kita bisa berhemat karena bisa langsung digunakan.
  • Garansi yang Memadai dan Jaminan Purna Jual yang Baik
    Garansi sangat penting untuk menjamin apabila suatu waktu PC kita mengalami masalah (trouble), sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perbaikannya. Carilah merek yang betul-betul memiliki garansi riil dan dapat dipercaya. Saat ini rata-rata Mother board memiliki garansi 1 – 3 tahun. Garansi juga terkait dengan layanan purna jual, dimana kita membeli devices tambahan atau komplain mengenai produk yang kita. Produsen harus dapat menjamin produknya bebas dari cacat dalam materi atau cacat dalam penggunaan sesuai buku manual yang terdapat dalam produk tersebut selama masa garansi dan akan memperbaikinya untuk :
    • Kegagalan dalam instalasi produk
    • Bug dan error program/coding
    Garansi ini Tidak Berlaku untuk :
    • Perangkat lunak pendukung seperti Sistem Operasi, Service Database, Keamanan dan utilitas lainnya.
    • Gangguan atau kesalahan atau kerusakan pada software yang disebabkan oleh kerusakan infrastruktur (perangkat keras, baik komputer maupun jaringan).
    • Kejadian force majeure atau kerusakan seperti akibat bencana alam (gempa, kebakaran, banjir, petir, dll), huru hara, kesalahan atau kelalaian pemakai (jatuh, patah, terkena air/cairan kimia, dll).
    • Kerusakan atau kesalahan karena disk drive dan sejenisnya yang terganggu karena kotor.
    • CD installer yang tidak layak pakai (kotor/rusak/tergores/berjamur dll) karena kesalahan pembeli.
    • Gangguan, kesalahan atau kerusakan yang disebabkan oleh perubahan konfigurasi perangkat lunak maupun pendukungnya ( misal virus, trojan, worm dan sejenisnya).
    • Kerusakan atau kegagalan yang diakibatkan oleh kelalaian untuk mengikuti panduan yang menyertai produk.
    Artinya penting buat kita untuk membeli Mother board pada dealer yang cukup bonafid. 
  • Ketersediaan Driver Pendukung
    Driver adalah aplikasi yang berfungsi untuk “memperkenalkan” devices & periferal yang dipasang pada Mother board, misalnya VGA, Card, Printer, CD ROM dan sebagainya. Tanpa driver, perangkat tersebut tidak dapat berjalanan atau dikenali oleh sistem PC. Pastikan Mother board telah dilengkapi dengan CD Driver yang up to dated sehingga dapat mengenali perangkat terbaru.
  • Kompatibilitas Sistem dengan Berbagai Modul Card Tambahan
    Maksudnya adalah kesesuaian devices & periferal pada Mother board agar semua sistem dapat bekerja dengan sesuai. Misalnya, apakah tipe RAM atau VGA Card yang kita gunakan dapat berjalan baik dengan Mother board tersebut. Kompatibilitas merupakan poin penting, karena jika ada satu perangkat yang tidak cocok berarti PC secara keseluruhan tidak dapat digunakan. Untuk mengetahui kompatibilitas, dapat di cek pada dealer yang menjual atau membaca buku manual (guide book) yang tersedia.
  • Kelengkapan pada Mother board
    Terakhir yang tak kalah penting adalah kelengkapan pada Mother board .Ketika membeli suatu Mother board box-packaged haruslah menyertakan CD Driver, Buku Manual (Guide Book), Kabel ATA/SATA/Floppy dan Back-panel (berfungsi untuk pelapis bagian belakang casing / sebagai tempat konektor/). Item diatas minimal harus ada, karena kita tidak dapat merakit PC tanpanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar