Eksklusif

*_* selamat datang kembali di blogkita *_* nikmati berbagai artikel menarik dan inspiratif *_* terima kasih telah berkunjung *_* salam sukses selalu *_*

Minggu, 09 Februari 2014

Cara Memilih Komputer

Ketika membeli komputer ada dua hal yang biasanya jadi pertimbangan utama. Yang pertama adalah kecepatan dalam mengolah data sesuai perintah yang diberikan terutama saat melakukan multi tasking atau menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Komponen yang berhubungan dengan hal ini adalah processor dan ram. Sedangkan yang kedua adalah kualitas gambar yang ditampilkan baik untuk gambar statis misalnya foto maupun gambar bergerak misalnya animasi, game dan video. Komponen yang berhubungan dengan hal ini adalah vga card.

Processor merupakan bagian terpenting dalam sebuah komputer. Bisa dikatakan processor adalah sebuah otak dari suatu sistim kerja komputer. Untuk itu perlu diperhatikan dalam memilih tipe processor sesuai dengan penggunaan kerja kita. Ada bermacam-macam merk processsor, namun di dunia bisnis terdapat dua vendor processor besar yang merajai dunia bisnis processor. Merk AMD dan INTEL. Kedua perusahaan processor ini saling bersaing dalam dunia bisnis, mereka selalu berlomba-lomba mengembangkan kinerja processornya. Bagaimana cara memilih processor yang sesuai dengan kinerja kita?

Jika kita sering melakukan kerja dengan menggunakan internet dan microsoft office saja, maka kita dapat memilih netbook yang hanya menggunakan processor intel atom saja. Sedangkan jika kita sering bekerja dengan program-program yang berat seperti adobe fotoshop, corel, lightgroom, dan lain sebagainya maka menggunakan Intel core2duolah jawabannya dengan catatan kita mempunyai budget yang besar. Namun jika hanya mempunyai budget yang pas-pasan, maka Intel dual core sangat cocok untuk kerja ini. Perbedaan dari keduanya adalah pada intel dual core, putaran kipasnya jauh lebih kencang dari core2duo, processornya cepat mengalami kenaikan suhu.

Ram atau sering disebut juga dengan Random Access Memory juga memiliki peranan penting dalam kinerja seperangkat komputer. Fungsi dari Ram itu sendiri adalah untuk menyimpan data sementara yang dibutuhkan oleh processor dengan cepat untuk diolah menjadi sebuah informasi. Ram dengan kecepatan yang tinggi sangat cocok bagi Anda yang menggunakan prosesor yang haus bandwidth memori. Bandwidth memori yang besar memang sangat membantu mempercepat kinerja prosesor keluaran Intel dalam memproses aplikasi-aplikasi yang sering digunakan untuk bekerja. Selain itu, sebagian besar chipset terbaru untuk prosesor Intel (seperti chipset nForce 4 SLI Intel Edition dari NVIDIA dan chipset 955x dari Intel) sudah mendukung RAM dengan spesifikasi PC6400 secara tidak resmi. Oleh karena itu, apabila Anda menggunakan Ram jenis ini, kinerjanya akan tetap optimal meskipun sistem berjalan secara asynchronous.

Vga atau Video Grafic Card berfungsi mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Biasanya untuk seorang gaming, vga yang cocok adalah ATI RADEON atau GFORCE, namun bagi yang menggunakan komputer tanpa ada program yang sangat berat running, vga dari intel pun cukup memadai. Biasanya kapasitas vga yang digunakan adalah 512.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar