Eksklusif

*_* selamat datang kembali di blogkita *_* nikmati berbagai artikel menarik dan inspiratif *_* terima kasih telah berkunjung *_* salam sukses selalu *_*

Jumat, 07 Februari 2014

Cara Memilih Paket Internet

Internet dan komputer sering kali tidak dapat dipisahkan, sehubungan dengan pesatnya perkembangan jaman, maka teriring pula perkembangan teknologi yang menuntut kita untuk bergerak dengan cepat, untuk melakukan semua itu maka internet lah salah satu jawabannya. Sering kita dihadapkan pada aneka promosi paket internet unlimited murah dari berbagai operator. Dengan iming-iming serta kalimat yang sangat menggoda, kita kadang terjebak pada sebuah pilihan yang sangat tidak menyenangkan, baik karena ternyata hasilnya lemot, sinyal tidak stabil, maupun sering disconnect.

Berikut adalah beberapa poin yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih paket internet:
  • Harga
    Hal yang cukup menjadi pertimbangan kala memilih sebuah paket internet adalah biaya. Harga paket internet sangat bervariasi dari berbagai macam operator yang tersedia. Permasalahan biaya tentunya bergantung terhadap jenis paket yang Anda pilih. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga mempunyai tarif yang berbeda pula. Carilah harga termurah dahulu untuk tahap ini, namun sesuaikan juga dengan kebutuhan anda. Oleh karena itu tahapan ini yang menjadi perhatian anda pertama kali ketika anda memilih paket internet.
  • Jaringan
    Setelah mendapat harga termurah, perhatikan jaringan dari paket internet unlimited tersebut. Jaringan yang dimaksud disini ialah GSM atau CDMA. Sesuaikan dengan perangkat komputer yang anda pakai sehingga tidak perlu membeli perangkat baru.
  • Jangkauan Sinyal
    Jangkauan sinyal menjadi salah satu faktor terpenting ketika kita memilih paket internet. Jangan hanya karena harga murah, lalu kita kesampingkan jangkauan sinyal sehingga koneksi internet tidak dapat dimanfaatkan secara optimal dimanapun dan kapanpun. Ketersediaan sinyal juga cukup penting, terlebih bagi anda yang sering bepergian. Terlebih jika tidak semua kota di ter-cover jaringan sinyal yang memadai dari operator.
  • Kecepatan
    Kecepatan paket internet unlimited sangat beragam, tergantung operator yang anda pakai. Kecepatan transfer data merupakan pertimbangan yang ke empat yang perlu anda perhatikan. Sesuaikan dengan lokasi anda karena meskipun telah mendukung kecepatan tinggi, EVDO ataupun HSDPA, kecepatan tersebut tidak akan dapat anda nikmati jika sinyalnya tidak tersedia di lingkungan sekitar anda, dan anda akan sia-sia membayar mahal jika tidak support sinyal pada area anda.
  • Batasan Quota
    Pertimbangan ke lima adalah batasan quota, pada pertimbangan ini diharapkan anda lebih cermat lagi dalam memilih, karena berbagai promosi yang terkadang menjebak dengan menggunakan strategi pada batasan quota. Tiap paket internet unlimited dari operator memiliki batasan kuota masing-masing, ada yang 200 MB, 500 MB, 1 GB, hingga 2 GB per bulan. Pilihlah paket dengan harga murah namun memiliki batasan kuota tertinggi karena jika kuota habis, kecepatan internet anda akan turun drastis bahkan beberapa diantaranya anda harus membayar dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada operator.
  • Pemakai
    Banyaknya pemakai dari paket internet unlimited akan sangat mempengaruhi kecepatan koneksi internet dari paket itu sendiri. Layaknya kue yang dibagi dua orang dengan sepuluh orang, tentu bandwidth paket internet di lingkungan anda akan tersedot jika banyak yang memakai. Ini umumnya terjadi pada masa promosi. Walaupun telah menggunakan QOS (batasan), namun terkadang jika terlalu banyak pemakai maka akan terasa sangat lambat dikarenakan overload.
  • Kebutuhan
    Pertimbangan terakhir adalah faktor kebutuhan. Perhatikan kebutuhan internet anda sehari-hari. Hal ini penting, karena terdapat beberapa jenis paket internet murah yang saat ini tersedia di pasaran. Oleh karena itu sesuaikan dengan kebutuhan anda sehari-hari, sebagai contoh ketika anda gunakan internet untuk jalur data yang cukup besar, maka disarankan memilih paket unlimited, namun jika hanya untuk sekedar chat maka anda dapat memilih paket yang lebih murah atau kecil dibawahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar