Eksklusif

*_* selamat datang kembali di blogkita *_* nikmati berbagai artikel menarik dan inspiratif *_* terima kasih telah berkunjung *_* salam sukses selalu *_*

Jumat, 07 Februari 2014

Jenis Jenis Komputer

Ada bermacam-macam jenis komputer. Dari PC Desktop, Laptop, Netbook, hingga Server. Mana yang lebih cocok untuk kita? Tentu saja kita sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan kita. Yang harus diperhatikan, komputer dengan Sistem Operasi Windows biasanya Rp 700 ribu lebih mahal daripada yang non Windows (Linux atau DOS). Kalau DOS terlalu primitif. Linux boleh dikata hampir menyamai Windows. Jika anda sekedar browsing internet dan memakai Office, Linux sudah cukup bagi anda. Bahkan lebih nyaman karena lebih aman dari gangguan virus. Sebetulnya untuk aplikasi lain seperti Video Editing atau Aplikasi Database Linux juga bagus meski anda harus mempelajari bahasa pemrograman yang jalan di Linux seperti Java atau PHP.

Jika anda ingin komputer pribadi yang bertenaga, maka PC Desktoplah pilihannya. Dengan casing dan tenaga yang besar, anda bisa menaruh 4 harddisk dengan ukuran masing-masing 1 TB (Terabyte) atau lebih, 2 DVD writer atau lebih, dan sebagainya. Banyaknya interface memudahkan anda untuk menyambungkannya dengan printer, scanner (atau pakai yang all in one sekaligus), dan sebagainya. Selain itu, dengan bentuknya yang besar, PC ini tidak mudah dicuri. Jadi memberikan anda rasa aman. Kecuali memang pencurinya benar-benar nekat dan profesional. Kelemahannya tentu saja tidak mudah di bawa ke mana-mana. Kurang cocok bagi anda yang senantiasa bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Untuk orang yang mobile, laptop merupakan pilihan yang tepat karena mudah dibawa ke mana-mana. Selain performance yang bagus, cari juga laptop yang daya tahan baterainya cukup lama sehingga seandainya tidak ada listrik, tetap bisa beroperasi. Biasanya pada Laptop masih ada CD/DVD Player/Writer sehingga memudahkan kita untuk menikmati film atau lagu. Fasilitas Laptop yang perlu diperhatikan adalah: web camera, wi-fie, USB interface, mic, dan speaker.

Netbook ukurannya lebih kecil daripada Laptop. Jika laptop ukuran layar/monitor sekitar 14 inchi ke atas, maka Netbook ukurannya 11 inchi ke bawah. Dengan berat yang sangat ringan (kurang dari 1 kg), maka Netbook lebih praktis daripada Laptop dan nyaman di bawa ke mana-mana.

Nah buat perusahaan dengan aplikasi/program yang dipakai oleh 4 pemakai atau lebih sebaiknya memakai server. Server ini karena sering dipakai, maka kualitas komponennya seperti harddisk harus lebih baik daripada PC Desktop biasa. Bahkan server yang baik biasanya punya sistem back-up yang bagus sehingga saat harddisknya rusak, ada harddisk lain yang bisa menggantikan. Beberapa perusahaan bahkan memiliki 2 server di mana Primary Server merupakan server utama yang dipakai, sedang Back-up server otomatis menggantikan server utama jika rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar