Eksklusif

*_* selamat datang kembali di blogkita *_* nikmati berbagai artikel menarik dan inspiratif *_* terima kasih telah berkunjung *_* salam sukses selalu *_*

Kamis, 06 Februari 2014

Kelebihan Volume Based

Agak sulit untuk menentukan bandwidth yang akan digunakan saat melakukan aktivitas browsing. Ini akan berpengaruh dengan banyak hal. Mulai dari web browser yang akan digunakan, konfigurasi browser, cara penggunaan browser (seperti membuka 1-2 tab saja, atau hingga 20-40 tab), jenis page yang akan di unduh (seperti situs yang berisi teks saja atau full animated flash).

Untuk aktivitas browsing dan game online, termasuk di dalamnya membaca berita ataupun tulisan pada situs berita, blog, membuka e-mail, mengisi form, ini masih termasuk kategori browsing ringan. Sedangkan browsing yang membutuhkan bandwidth besar, saat membuka situs atau halaman yang didominasi dengan gambar resolusi tinggi, animated flash, ataupun embeded audio/video. Akan bertambah besar lagi konsumsi bandwidth yang akan digunakan jika secara konsisten selalu membuka dan reload banyak tab sekaligus (lebih dari 5 tab).

Jika mengacu pada perhitungan yang biasa terjadi maka kebutuhan untuk browsing ini mulai dari 5 MB hingga 100 MB per jam. Rentang perbedaan yang sangat jauh ini akan dipengaruhi situs yang dikunjungi, setting loading image dan pengaturan lain pada browser. Dengan asumsi penggunaan bandwidth terbesar, paket volume based tidak memberikan keuntungan yang terlalu besar untuk hal ini. Namun dengan kebutuhan penggunaan browsing normal, volume based memberikan waktu yang lebih leluasa. Untuk penilaian yang satu ini, maka dapat disimpulkan seimbang.

Masih sama dengan browsing, penggunaan internet messaging juga yang paling lama dan banyak dilakukan, selama terkoneksi dengan internet. Bandwidth yang digunakan pun beragam. Anda yang hanya menggunakan fungsinya untuk bertukar pesan dengan teks, hanya membutuhkan bandwidth yang sangat minim.

Namun, hal ini akan berbeda jika digunakan sekaligus sebagai pengganti telepon dengan fasilitas voice diaktifkan, atau bahkan menggunakan webcam untuk video call. Tergantung pada aplikasi yang digunakan dan setting kualitas gambar yang digunakan. Hal yang sama juga jika menggunakan fasilitas send & receive file yang memang sekarang memungkinkan untuk dilakukan di beberapa Instant Messaging.

Untuk simulasi penggunaan ini, menggunakan client Instant Messaging Yahoo! Messenger dan Skype atau beberapa VoIP. Angka yang didapatkan antara 12 hingga 15 MB untuk penggunakan rata-rata per jam, lengkap dengan menggunakan voice chat dan webcam. Dengan asumsi pilihan antara time based sebanyak 50 jam per bulan, dibandingkan dengan volume based dengan kuota 1 GB per bulan. Melihat konsumsi bandwidth yang dibutuhkan dan masih memungkinkan untuk menggunakan IM dengan kualitas yang memadai, volume based dapat memberikan durasi yang lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar