Eksklusif

*_* selamat datang kembali di blogkita *_* nikmati berbagai artikel menarik dan inspiratif *_* terima kasih telah berkunjung *_* salam sukses selalu *_*

Kamis, 06 Februari 2014

Harga Ram dan Spesifikasinya

Ram atau sering disebut juga dengan Random Access Memory juga memiliki peranan penting dalam kinerja seperangkat komputer. Fungsi dari Ram itu sendiri adalah untuk menyimpan data sementara yang dibutuhkan oleh processor dengan cepat untuk diolah menjadi sebuah informasi. Fungsi Ram tersebut memang didukung oleh karakteristiknya sebagai sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Ram keluaran MUSHKIN (dikenal sebagai salah satu produsen Ram terbaik)  ini berjalan pada spesifikasi di atas PC5300. Sedangkan spesifikasi teknis dari Ram ini adalah berjalan pada kecepatan 800 MHz, timing SPD 5-3-3-8, dan tegangan DIMM 1,8 volt. Ram ini dibalut dengan heatspreader berwarna hitam yang kemungkinan besar dibuat oleh Thermaltake. Di samping itu Chip yang digunakannya adalah chip buatan Micron dan PCB-nya menggunakan PCB buatan BrainPower.

Ram dengan kecepatan setinggi ini sangat cocok bagi Anda yang menggunakan prosesor yang haus bandwidth memori. Bandwidth memori yang besar memang sangat membantu mempercepat kinerja prosesor keluaran Intel dalam memproses aplikasi-aplikasi yang sering digunakan untuk bekerja. Selain itu, sebagian besar chipset terbaru untuk prosesor Intel (seperti chipset nForce 4 SLI Intel Edition dari NVIDIA dan chipset 955x dari Intel) sudah mendukung Ram dengan spesifikasi PC6400 secara tidak resmi. Oleh karena itu, apabila Anda menggunakan Ram jenis ini, kinerjanya akan tetap optimal meskipun sistem berjalan secara asynchronous.

Sementara Ram V-GEN DDR II 512 MB PC-5300 adalah hasil kolaborasi Samsung dan V-GEN dan merupakan produk first party dari SAMSUNG. Hal ini dapat diketahui karena masih menempelnya label stiker SAMSUNG di bodi Ram serta tergrafirnya tulisan SAMSUNG di PCB-nya. Ram ini sama persis tampilannya dengan Ram dari MVM. Hanya saja, Ram dari MVM berjalan di spesifikasi PC4300, sedangkan Ram dari V-Gen ini diusung untuk berjalan di spesifikasi PC5300. Saat ini, Ram yang berjalan pada kecepatan 667 MHz atau dikenal dengan sebutan PC5300, merupakan spesifikasi Ram tertinggi yang didukung secara native oleh chipset-chipset motherboard terbaru untuk Intel.

Keunggulan utama Ram dengan spesifikasi ini adalah harganya. Harga dari Ram dengan spesifikasi PC5300 memiliki selisih sangat sedikit dengan Ram yang berjalan pada spesifikasi dibawahnya (PC4300). Sehingga membeli Ram dengan spesifikasi PC5300 tentu saja merupakan pilihan yang lebih baik daripada membeli Ram PC4300, jika Anda sedang mencari memori DDR2-SDRam untuk menemani PC terbaru milik Anda yang sudah mendukung spesifikasi DDR2 terbaru. Hal ini, dikarenakan selisih harga yang sedikit (antara sekeping Ram PC4300 dengan sekeping Ram PC5300 yang memiliki kapasitas yang sama) dapat dianggap sebagai investasi untuk masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar